ENTREPRENEUR ADALAH TUJUAN KARIER BEKERJA

Apakah tujuan anda bekerja ???. Jawaban anak anak SMU. Bekerja untuk cari uang, penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Sementara anak-anak SMK menjawab ; bekerja untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku sekolah.

Adik-adik kita yang baru lulus sekolah masih sangat muda dan masih perlu belajar bekerja pada orang atau perusahaan setidaknya 5 tahun kedepan. Lulusan SMK atau S1 Teknik-pun belum siap bekerja mandiri atau jadi wirausaha diawal kelulusannya. Biasanya kombinasi kemampaun skill dan pemasaran yang belum cukup untuk berperang melawan ketatnya kompetisi bisnis atau persaingan usaha.

Ketiadaan modal jadi jawaban kenapa tidak ada orang yang mau jadi entrepreneur saat muda. Alasan kedua miskin pengalaman. Alasan ketiga keraguan dari dalam diri sendiri dalam menjemput rejeki “mau makan apa …?”. Coach bisnis no1 Indonesia juga menyarankan para pemula lulusan sekolah / kuliah untuk bekerja sebagai sarana belajar. Jangan ikut-ikutan menuntut macam-macam, belajar bekerja dapat rizki cukup alhamdulillah.

Dan setinggi apapun karier anda di perusahaan anda sekarang. Besok tetap istirahat pensiun dan tidak terima gaji lagi alias nol rupiah penghasilannya (kecuali PNS). Entrepreneur adalah tujuan akhir bekerja ;, hal ini bisa saudara pelajari melalui buku yang berjudul Most Wanted Entrepreneur.

Admin punya cerita seorang montir bengkel sepeda motor. Kebetulan tetangga ruko, dia bernama Rendro (nama samaran). Dia bekerja di bengkel sebelah kurang lebih 5 tahun lebih. Semula antusias bekerja dengan menerima upah minim. Dua tahun dia meminta gaji lebih dan dituruti. Setahun berikut dia minta fasilitas motor, juga dituruti. Dan setahun terakhir dia bekerja sudah kelihatan menunjukkan ketidak seriusan bekerja (entah apa yang terjadi). Berangkat kerja jam 9.00, padahal bose dan temannya jam 8 sudah datang dan bekerja. Siangnya Rendro minta kompensasi waktu untuk menjemput anaknya pulang sekolah. Antara jam 12 sampai jam 13.30 Rendro istirahat dan minta ijin menjemput anaknya sekolah. Lagi-lagi diijinkan oleh pemilik bengkel.

Terjadi atau tidak terjadi tuntutan antara pemilik usaha dan para pekerja dalam satu perusahaan /organisasi. Antara 5 sampai 10 tahun bersama “pasti” akan ada benturan / permasalahan. Rendropun memilih keluar setelah bergabung lebih dari 5 tahun. Tingkat ini Rendro melompat di trap selftemployee. Atau pekerja mandiri sekaligus memiliki bengkel / usaha sendiri. Jadi pemula wirausaha itu berat !. Kalo kemarin Rendro bekerja ikut orang tidak butuh modal. Saat ini dia sewa kios 4 juta setahun, dengan ukuran 2x2meter + teras. Kalau kemarin dia bekerja dengan banyak fasilitas dan kompensasi, saat sekarang dia pakai motor sendiri, tanpa fasilitas gaji, tanpa waktu istirahat siang hari, tanpa kompensasi berangkat siang dan tidak ada jam jemput anaknya pulang sekolah. Kalau kemarin dibengkel banyak teman yang membantu, mulai saat buka sendiri bengkelnya Rendro melakukan semua apapun sendirian. Kalau kemarin dia ngurus satu dapur rumah tangganya, saat ini Rendro harus konsisten dengan pilihan ; tambah ngurus dapur bengkelnya…..berat perlu belajar khan !.

image

Admin juga belum pintar, untuk itu sekolah terus – terus – terus, bekerja terus – terus – terus. Setidaknya admin jauh lebih pengalaman 15 tahun dari para pemula wirausaha atau anda yang menjabat General Manager / Walikota / Gubernur sekalipun. Jadi wirausaha atau entrepreneur itu satu jalan pasti, tujuan karier yang dicari oleh pribadi-pribadi yang ingin naik ke tujuan “kebebasan” keuangan. Belajar turus disini…..MWE® ACADEMY Ruko Beringin Hills Estate No 2 Jl Beringin Raya Tambakaji Ngaliyan Semarang.

Leave a comment